Jangan Asal Pilih, Begini Tips Membeli Motor Listrik!

Dikenal sebagai kendaraan terobosan baru yang ramah lingkungan, kehadiran motor listrik kian dilirik oleh masyarakat luas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produsen bidang otomotif yang menawarkan produk motor listrik barunya. Tentu dengan variasi model dan tipe, spesifikasi, hingga harga.

Tingginya minat masyarakat, membuat para produsen berlomba-lomba dalam memproduksi motor dengan bahan bakar energi listrik. Apalagi kendaraan jenis baru ini digadangkan menjadi tren personal mobility device masa mendatang. Namun, penting bagi kamu yang berencana memiliki motor listrik agar memperhatikan beberapa hal dalam pembeliannya. Apa sajakah itu?

Tips Membeli Sepeda Motor Listrik

1. Tentukan Budget

Source: Unsplash @f7photo

Menentukan budget yang dimiliki merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Seperti yang diketahui, produk motor listrik tersedia dengan berbagai spesifikasi, model juga harga. Kamu harus menghitung lebih dulu berapa budget yang dimiliki untuk membeli motor listrik. Kamu juga bisa melakukan riset harga terlebih. Dengan melakukan hal tersebut, Kamu bisa menyesuaikan produk mana yang cocok dibeli sesuai dana yang dimiliki.

Tak perlu khawatir, sekarang ada motor listrik dengan harga di bawah 20 jutaan yang bisa kamu beli. Soal ketangguhan jangan ditanya, spesifikasi motor listrik yang mumpuni membuatnya bisa berperforma setangguh motor konvensional.  

2. Sesuaikan dengan Penggunaan

Tak hanya budget, menyesuaikan pilihan motor dengan penggunaan pun perlu dipertimbangkan. Dengan variasi model dan spesifikasi, kegunaan khusus motor listrik pun tentu akan berbeda. Misalnya saja bagi pekerja urban di kota-kota besar dengan mobilitas tinggi, model motor stylish bisa menjadi pilihan.

Selain model, masalah spesifikasi seperti misalnya kecepatan motor haru jadi perhatian juga. Bagi kamu yang membutuhkan produk motor litrik untuk berkendara sehari-hari, maka pilihan motor dengan kecepatan tinggi misalnya di atas 50 km/jam itu bisa jadi rekomendasi.

Begitu halnya dengan masalah daya tampung atau kapasitas. Saat ini, sudah ada juga motor listrik yang mampu menampung beban berat dengan desain motor yang kompak. Bagi kamu yang sering membawa barang banyak, pilihan motor litrik tersebut bisa jadi rekomendasi.

3. Cek Kelengkapan Fitur dan Legalitas

Tips selanjutnya dalam membeli motor listrik dan wajib diketahui adalah mengecek kelengkapan fitur motor serta legalitasnya. Pastikan fitur-fitur yang ditawarkan oleh produsen atau penjual memang sesuai dengan penawaran serta bisa berfungsi dengan baik.

Beberapa fitur dasar yang biasanya dimiliki seperti kapasitas baterai, alarm, koneksi bluetooth, jarak tempuh maksimum, daya beban atau kapasitas daya tampung beban, konsumsi listrik dan sebagainya. Masalah legalitas juga penting jadi perhatian. Kamu harus memastikan jika motor listrik yang hendak dibeli memang legal dan diproduksi oleh perusahaan berstandarisasi hukum dan nasional.

4. Pilih Motor Listrik yang Baterainya Ditukar

Motor listrik ditenagai dengan baterai sebagai penyimpan energi listrik. Kehadiran baterai ini menjadi bagian penting dari motor listrik, kalau tidak ada baterai motor listrik tidak bisa berjalan.

Selama ini yang orang ketahui cara mengisi energi baterai motor listrik tersebut adalah dengan men-charge-nya layaknya mengisi baterai handphone. Metode ini tidaklah efektif karena butuh waktu berjam-jam. Namun jika motor listrik bersistem tukar baterai (swap baterai) tentu akan jauh lebih efektif.

Bayangkan saja, saat baterai motor listrik mau habis (battery low), kamu tinggal datang ke Swap Station terdekat dari lokasimu untuk menukar baterai, cukup 10 detik saja kira-kira waktu yang dibutuhkan

Swap Battery yang berkualitas dari Swap Energi pasti memberikan performa terbaik untukmu, karena kamu lah yang nomor satu!

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Motor Listrik

Setelah mengetahui beberapa tips membeli motor listrik, beberapa hal berikut penting diketahui agar kamu tidak salah pilih saat pembelian.

1. Sebagai kendaraan berbahan bakar listrik, agar motor listrik bisa berfungsi maka disematkan baterai. Ada dua jenis baterai yang digunakan; litesit (lead acid) dan lithium. Baterai litesit memiliki massa yang berat dan ukuran tidak kompak. Sementara lithium, ukurannya lebih simpel dan ringkas. Bagi kamu yang ingin mudah dalam penggantian baterai, maka baterai lithium bisa jadi pilihan.

2. Harga motor listrik bervariasi, sebaiknya jangan buru-buru tergiur dengan harga murah. Pastikan fiturnya. Biasanya, semakin bagus fitur, daya beban besar, dan kecepatan maksimum tinggi, harganya pun akan lebih mahal.

4. Sebaiknya, pastikan agar kamu sudah mengetahui produk-produk motor seperti merk motor dan fitur-fiturnya sebelum membeli.

5. Pastikan juga jika motor yang kamu beli memiliki surat-surat lengkap seperti halnya STNK.

6. Tidak masalah jika ingin membeli motor listrik secara online, namun pastikan jika kredibilitas penjual sudah baik dan direkomendasikan.

7. Pilih motor listrik yang punya layanan purna jual bagus. Hal ini untuk memudahkan ketika di masa mendatang motor mengalami masalah dan perlu penanganan segera.

Nah, itulah beberapa tips dan hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli motor listrik. Sebagai kendaraan inovasi baru yang ramah lingkungan dan banyak digemari, namun bukan berarti kamu harus asal dalam memilihnya. Dengan beberapa hal tersebut, semoga bisa menjadi pertimbangan agar kamu bisa mendapatkan pilihan motor listrik terbaik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *