Sambut Era Sepeda Motor Listrik di Indonesia yang Sebentar Lagi Tiba

image source: Unsplash

Sepeda motor listrik di Indonesia masih dipandang sebelah mata. Ketangguhannya masih diragukan. Masyarakat menganggap motor listrik hanya kendaraan emak-emak kompleks yang digunakan ke pasar atau minimarket. Persepsi tersebut berkembang hingga sekarang, padahal sepeda motor listrik disebut-sebut akan menjadi kendaraan populer di masa depan.

Pendapat tersebut memang benar, hal ini dikuatkan karena tidak ada yang pernah tahu sampai kapan tersedia bahan bakar dari hasil bumi yang saat ini umum dipakai kendaraan konvensional. Apalagi belum ada bahan baku pengganti yang terbukti efektif bisa menjadi energi kendaraan.

Sayangnya, di Indonesia sendiri masih terbentur stigma dan behaviour akan motor listrik yang menjadi pilihan kedua atau cadangan saja. Masyarakat masih terbiasa dengan penggunaan motor bensin, meski sebenarnya mereka tahu bahwa bensin beserta asal-muasal dan hal yang disebabkannya berpengaruh pada emisi yang memperburuk kualitas udara di sekitarnya. Belum lagi biaya maintenance alias service sepeda motor yang rutin dilakukan hampir setiap bulan, tapi memang pandangan yang sudah terbentuk dari dulu tidak bisa dihilangkan dengan mudah.

Unsplash:

Kelebihan Motor Listrik Dibanding Motor Konvensional

Jika dilihat dari fungsinya, sepeda motor listrik punya beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh motor biasa, antara lain:

  • Lebih Irit: Untuk mengisi energi pada motor listrik adalah dengan men-charge baterai pada motor listrik tersebut. Ini bisa saja membuat tagihan listrik jadi naik, tapi jika dihitung budgetnya masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pengisian energi motor konvensional, dalam hal ini bensin.
  • Ramah Lingkungan: Sudah bukan jadi rahasia lagi kalau motor listrik adalah kendaraan yang ramah lingkungan, karena tidak mengeluarkan emisi yang bisa menyebabkan polusi udara. Perlu kamu ketahui, asap kendaraan bermotor merupakan penyumbang utama polusi udara di Jakarta.
  • Minim maintenance: Jika sepeda motor konvensional harus diservis secara rutin, maka tidak bagi sepeda motor listrik. Bayangkan, kamu tidak perlu merogoh kocek untuk membeli oli mesin, mengganti spare part atau onderdil motor lainnya. Ini membuat motor listrik dinilai lebih ekonomis dalam jangka panjang.

Jadi, sudah siapkah kamu beralih ke sepeda motor listrik? Cepat ada lambat, sepeda motor listrik di Indonesia akan segera tiba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *