Rekam Jejak Motor Listrik Indonesia, Ketidakmungkinan yang Segera Terealisasikan

source: cakapcakap.com

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sampai sekarang masih ragu dalam memakai motor listrik. Bahkan ada opini yang menyebutkan bahwa sebuah hal yang mustahil motor listrik di Indonesia bisa berkembang pesat. Ketidakmungkinan tersebut perlahan-lahan bisa dipatahkan, harapan perkembangan motor listrik Indonesia mulai terlihat titik terangnya.

Harus diakui, memang masih banyak orang yang awam terhadap motor listrik. Di sini, Swap akan berbagi insight tentang motor listrik. Mari kita ulas satu-persatu:

Prinsip Kerja Motor Listrik: Hemat Pengeluaran & Kemudahan Penggunaan

Selama ini motor listrik hanya dipandang sebagai motor emak-emak yang dipakai di sekitaran kompleks, untuk ke minimarket atau untuk antar jemput anak ke sekolah. Semestinya pandangan tersebut perlahan-lahan harus diubah. 

Kita tahu menghilangkan sebuah kebiasaan memang sangat sulit. Sama seperti masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa menggunakan motor konvensional, lalu dipaksa untuk beralih ke motor listrik.

Apakah motor listrik sudah secanggih itu? Apakah sudah sanggup menggantikan peran motor konvensional? Sementara itu keadaan di luar negeri sendiri sudah banyak yang sudah mulai aware dengan kecanggihan dan benefit motor listrik, lalu mulai beralih menggunakannya. Mereka yakin motor listrik ini dianggap sebagai sebuah solusi yang menjawab masalah dampak buruk lingkungan yang diakibatkan oleh penggunaan motor konvensional.

Motor listrik juga bisa menghemat pengeluaran, penggunanya tidak perlu membeli bensin dan men-service-nya. Kita yang biasanya sering membeli bahan bakar seperti bensin untuk motor konvensional, maka dengan motor listrik ini tidak perlu lagi membelinya lagi. Cara kerja motor listrik pun cukup dengan mencolokkan kabel pengisi daya ke sumber listrik, SPLU (Stasiun Pengisian Listrik Umum) atau cukup dengan menukar baterai di SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik) yang infrastrukturnya kini sudah mulai difasilitasi oleh Pemerintah.

Source: Unspalsh @ivannn

Solusi Jarak Tempuh Motor Listrik yang Terbatas Sudah Terjawab

Awalnya motor listrik ini tidak bisa dipakai untuk perjalanan jauh. Terdapat keterbatasan jarak tempuh atau daya baterai yang mungkin saja habis, lalu kita kesusahan dalam mengisi energinya lagi. Parahnya energi baterai motor listrik bisa terisi full lagi jika di-charge dalam waktu berjam-jam. Sungguh memakan waktu. Makanya, biasanya orang-orang hanya menggunakan motor listrik di lingkungan tempat tinggalnya saja. Jika dipakai untuk bepergian agak jauh, pasti takut kehabisan baterai. Repot banget, ya?

Untungnya para perusahaan motor listrik rupanya tahu kelemahan ini, mereka membuat solusi dengan membuat baterai motor listrik terbaik yang performanya lebih tahan lama. Bahkan, seperti yang disebutkan di awal artikel, sekarang sudah ada motor listrik yang menggunakan sistem swap / tukar baterai. Sehingga tidak perlu menunggu berjam-jam buat nge-charge, cukup 10 detik saja. Solutif banget deh!

Model dan Varian Motor Listrik Sudah Beragam

Motor listrik Indonesia umumnya ber-body ramping, dan mudah dimodifikasi. Model yang keren dan memiliki varian warna yang beragam juga bisa saja menjadi alasan orang tertarik dengan motor listrik. Untuk penggunaan sehari-hari, biasanya model motor listrik sama seperti motor matic. Sepintas jika dilihat dari luar, model fisik keduanya hampir tidak bisa dibedakan.

Beberapa brand alias merk motor listrik di Indonesia yang sudah dikenal secara umum adalah:

  • Motor listrik Viar
  • Motor listrik Selis
  • Motor listrik Gesit
  • Motor listrik ECGO
  • Motor listrik Smoot
  • Motor listrik Niu

Jika kamu ingin membeli salah satu motor listrik tersebut di atas, pastikan motor listrik tersebut memiliki kualitas terbaik. Tak hanya masalah tampilan yang menarik, tapi sistemnya juga harus canggih. Carilah merk motor yang sekiranya membuat kita puas setelah membeli, baik secara budget harga beli hingga perawatannya nanti. Hmm, kapan lagi nih memiliki motor tanpa harus mampir ke pom bensin lagi. Motor listrik ini dijamin dapat membawa pengalaman baru dalam berkendara.

Rangka Motor Listrik yang Kokoh

Ketangguhan motor listrik Indonesia juga tak kalah kuat dengan motor konvensional. Motor listrik juga dilengkapi dengan kerangka yang sangat kokoh dan onderdil terbaik. Rangka yang kokoh ini bisa memastikan bahwa berapapun berat badan kita dan sejauh apapun kita pergi, motor listrik tetap mumpuni dipakai secara aman dan nyaman.

Sistem Smart Monitor Motor Listrik

Sistem monitor merupakan kelebihan motor listrik yang mungkin baru pertama kamu tau. Ya, sistem ini terdapat dalam aplikasi yang menyertai motor listrik. Fitur dalam aplikasi ini membantu kita mengetahui behaviour penggunaan motor listrik, mulai dari daya tempuh per hari, kecepatan, daya baterai motor listrik, bahkan kita bisa mengontrol alias mengunci motor listrik tersebut hanya dengan menggunakan aplikasi di handphone.

Dengan kecanggihan inilah yang membuat orang semakin tertarik ingin memiliki motor listrik tersebut. Motor konvensional bisa kayak gini?

Harga Motor Listrik di Indonesia

Berapa harga motor listrik di Indonesia? Sama seperti motor konvensional, mulai Rp10 jutaan hingga Rp30 jutaan. Ini tergantung merk dan jenis motor listriknya. Perlu kamu ketahui, harga baterai motor listrik sendiri termasuk komponen motor listrik yang cukup mahal, bisa Rp3 – Rp6 juta, ini pun hanya bertahan 3 tahun saja. Jika lewat dari masa itu, kamu sepertinya harus membeli baterai baru lagi.

Solusinya adalah dengan membeli motor listrik dengan sistem tukar baterai (berlangganan), sehingga kamu tidak perlu memikirkan bagaimana perawatan baterai itu sendiri. Kalau dirasa baterai motor listrik yang kamu miliki saat ini ada trouble, tinggal ditukar di SPKLU terdekat. 

Satu lagi yang harus kamu tahu, motor listrik itu minim service karena komponen di dalamnya lebih sederhana daripada motor konvensional. Jadi tidak ada yang namanya service bulanan buat beli atau ganti spare partnya.

Harganya sudah tidak jauh berbeda, ketangguhannya pun sama, tinggal pilihannya ada di kamu sendiri. Mau motor listrik atau motor konvensional?

Source: Unsplash @fikrirasyid

Prediksi dan Dukungan Pemerintah akan Perkembangan Motor Listrik di Indonesia

Sama seperti judul artikel ini, motor listrik seperti sebuah ketidakmungkinan yang sebentar lagi menjadi mungkin alias terealisasi. Motor listrik memang diprediksi akan berkembang di Indonesia, tapi ini tidak akan ‘membunuh’ industri motor konvensional dan SPBU-SPBUnya.

Motor listrik adalah alternatif atau solusi dari permasalahan yang ditimbulkan dari pemakaian motor konvensional. Masalah orang ingin menggunakannya atau tidak, itu kembali kepada orang tersebut, kalau suka ya orang akan menggunakannya. Adapun salah satu satu concern yang membuat orang beralih adalah masalah polusi dan emisi yang dihasilkan dari motor konvensional, hingga maintenance motor konvensional yang kadang merogoh kocek yang cukup dalam.

Pemerintah sendiri optimis dalam mempercepat perkembangan industri motor listrik di Indonesia melalui penerbitan undang-undang, dukungan infrastruktur hingga subsidi yang diberikan. Pemerintah yakin, nantinya sepeda motor listrik bisa berkembang dan bersaing dengan motor listrik di negara-negara lainnya di dunia.

Mari sejenak kita bayangkan, sejak PSBB di Jakarta kemarin diberlakukan. Udara di Jakarta begitu berbeda, langit berwarna biru cerah, tak ada polusi, sungguh pemandangan yang sangat langka. Hal ini dikarenakan berkurangnya mobilitas kendaraan di kota Jakarta. Hal itu bisa saja terjadi, tanpa mengurangi mobilitas penduduknya, asalkan kendaraannya adalah motor listrik.

Mudah-mudahan motor listrik juga banyak diminati penduduk indonesia, meskipun harganya juga sama tapi pasti ada sistem kredit kayak motor biasa. Kalau boleh pinjam istilah jaman sekarang, penggunaan motor listrik itu sudah menjadi “new normal” di Indonesia. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *